Jika kamu membangun sebuah gedung atau saluran air dan lainnya, salah satu material yang wajib ada yaitu pipa besi. Jenisnya sangat banyak, namun ada dua paling sering dipakai dengan perbedaan pipa welded dan pipa seamless yang perlu diketahui. Supaya tidak salah pilih.

Kedua jenis pipa ini jika dilihat sepintas memang sangat mirip, bahkan ada yang mengatakan identik. Untungnya, ada beberapa pembeda sehingga tidak akan membuat salah beli. Mau tahu bedanya apa saja?

6 Perbedaan Pipa Welded dan Pipa Seamless

Enam perbedaan pipa welded dan pipa seamless berikut ini, bisa menjadi acuan ketika ingin membeli atau menggunakan salah satunya untuk kebutuhan konstruksi. Baca dengan teliti, sebelum memutuskan memilih jenis pipa mana yang tepat.

Definisi

Dari segi artinya, pipa welded disebut juga dengan nama pipa strip namun ada juga yang mengenalnya dengan nama pipa plat. Pada salah satu bagiannya terdapat sambungan spiral atau longitudinal, memudahkannya digabungkan dengan pipa lain.

Sedangkan seamless disebut sebagai pipe tanpa kelim atau tidak memiliki sambungan. Jadi butuh proses tambahan kalau mau memadukannya dengan material lain.

Proses Pembuatan

Welded dibuat menggunakan proses pengelasan, dimana strip berbahan baja ukuran tebal tertentu digulung memakai mesin yang khusus dipakai untuk membuat plat atau strip menjadi lengkung. Ada juga yang menggunakan mesin roll khusus. Setelah itu, akan disambung dengan teknik las.

Teknik las yang dipakai pada proses pembuatannya, ada yang memanfaatkan tegangan listrik untuk membuat baja lebur dan meleleh sehingga bisa disatukan dengan mudah. Ada juga penggunaan teknik submerged Arc Welding.

Beda dengan jenis seamless, dimana pembuatannya memakai sistem mandrel mill, dimulai dengan memanaskan baja, lalu dilakukan proses piercing. Setelah selesai, baja kemudian digulung dan diregangkan untuk mencapai tebal dan ukuran sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Merk-merk Baja Ringan Standard SNI

Tingkat Ketahanan

Selanjutnya perbedaan pipa welded dan pipa seamless Pipe jenis strip sambungan punya ketahanan lebih rendah, sebab ada bagian sambungan dengan kekuatan tidak semaksimal yang utuh. Jadi, sebelum dipakai harus dilakukan kalkulasi suhu, posisi, dan lainnya sebelum diaplikasikan.

Pada jenis tanpa sambungan, tingkat ketahanannya lebih tinggi alhasil penggunaannya akan lebih disukai karena bisa bertahan pada suhu maupun tekanan maksimal.

Fungsi

Jenis welded dapat dipakai pada industri terstruktur dan sesuai standar penggunaannya. Seperti industri tekstil, makanan, dan lainnya. Seamless, lebih tangguh sehingga banyak dipakai untuk industri skala besar misalnya farmasi, industri minyak maupun gas, dan pembuatan pembangkit listrik.

Keunggulan

Mari kita kenali keunggulan masing-masing, jenis dengan sambungan atau welded memiliki keunggulan dari harganya relatif murah, kemudian proses membuatnya cukup cepat dan tidak ribet.

Selain itu, hasil akhir dari proses membuatnya menjadikan permukaan pipe jadi sangat licin dan rata. Ditambah pula ukuran lebih konsisten dengan penghitungan yang tepat, baik dari segi tebal maupun panjangnya.

Kalau keunggulan dari seamless, memiliki dinding dalam relatif tebal oleh karena itulah lebih disukai untuk proyek skala besar. Tahan terhadap korosi yang terjadi, ketika didalamnya dialiri berbagai bahan kimia. Tapi, soal ukuran memang tidak konsisten namun silindernya bagus.

Baca Juga : Daftar Harga Besi Surabaya Termurah

Tips Memilih, Mau Pakai Welded atau Seamless?

Agar kamu tidak salah memilih, maka ada sejumlah tips bisa diterapkan ketika memilih jenis pipe paling tepat. Jadi, material yang sudah dibeli bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kebutuhan proyekmu.

Apa Kegunaan

Tentukan terlebih dahulu apa kegunaan dari pipa yang akan kamu beli. Apakah hanya untuk mengalirkan air atau limbah kimia dengan tingkat bahaya cukup tinggi. Dengan begitu, dapat diidentifikasi mana jenis paling tepat digunakan.

Konsultasi dengan kontraktor pelaksana pembangunannya juga dibutuhkan, karena mereka tentunya akan lebih paham kegunaan paling utama nantinya dari material tersebut.

Berapa Ukuran yang Dibutuhkan

Berhubung kedua jenis pipe ini memiliki banyak ukuran, maka kamu juga perlu tahu dulu berapa ukuran yang dibutuhkan. Pastikan juga toleransi ketebalan, diameter, dan besar silinder yang bisa dipilih. Jangan terlalu pas dan jangan pula terlalu besar, supaya aliran cairan atau arus didalamnya bisa benar-benar lancar hingga ke muara salurannya.

Bagaimana Kondisi Permukaannya

Permukaan mulus atau tidak dan kondisi bagian dalamnya juga perlu diperhatikan, supaya nantinya tidak menjadi kendala saat sudah digunakan.

Tingkat Ketahanan Terhadap Korosi

Jika digunakan untuk mengalirkan berbagai jenis bahan kimia dan lainnya, perlu dipertimbangkan pula sejauh mana ketahanannya terhadap korosi. Karena jika tidak tahan, maka pemakaiannya juga tidak akan bertahan lama dimana kebocoran akan cepat terjadi akibat korosi.

Harga

Terakhir, kamu juga harus tahu terlebih dahulu berapa harganya. Kemudian hitung dan sesuaikan dengan berapa panjang pipa dibutuhkan, dengan anggaran yang tersedia. Kalau masih dalam range budget maka tidak masalah untuk membelinya.

Semoga informasi tentang perbedaan pipa welded dan pipa seamless dan tips memilihnya di atas, bisa membantu kamu untuk benar-benar mendapatkan material tepat untuk konstruksi.

kami Distributor Besi Termurah di surabaya. kami Jual Besi di Surabaya dan melayani luar Seluruh indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *