Pabrik Besi terbesar di surabaya

Di Indonesia sendiri, ternyata ada cukup banyak perusahaan yang berproduksi di bidang pembuatan besi maupun baja untuk kontruksi bangunan.

Secara umum fungsi besi untuk bangunan memang penting dalam membuat konstruksi menjadi kokoh, sebagai penyangga dan bagian-bagian lain dalam sebuah bangunan.

Perusahan Pabrik besi terbesar di Indonesia

Berikut ini akan kami informasikan beberapa daftar pabrik besi terbesar yang ada di Indonesia yang mungkin jarang orang ketahui.

1. CV. Besi Surya Sentosa

kami besisby.com merupakan penjual besi dengan kualitas SNI dan banyak macam dengan harga kompetitif memiliki pabrik besi di surabaya anda bisa melakukan order dengan quantity besar agar harga lebih hemat.

2. Pabrik Beton Jaya Manunggal

Pabrik besi baja terbesar di Indonesia yang pertama adalah Beton Jaya Manunggal. Pabrik yang memproduksi baja besar ini berdiri sejak Februari tahun 1995 silam.

Pabrik Beton Jaya Manunggal berlokasi atau kantor pusatnya berada di Gresik, Jawa Timur.

Produk yang diproduksi oleh perusahaan Beton Jaya Manunggal ini sangat kompleks yang meliputi besi beton dengan aneka ukuran.

Berdasarkan dari sumber resmi pabrik BJM (Beton Jaya Manunggal) bisa memproduksi 30.000 ton besi beton terpasang pertahun.

Untuk ukuran besi betonnya sendiri bermacam-macam mulai dari 6 m hingga 12 m. Pabrik ini pun bisa menyediakan produk dalam jumlah sesuai keinginan, tetapi juga memenuhi standar kualitas yang dimiliki oleh perusahaan.

Untuk kualitas, pabrik Beton Jaya Manunggal pernah meraih penghargaan Business Indonesia Award pada tahun 2009 lalu di bidang industri.

Perusahaan BJM kini mengutamakan pasar produk besinya di beberapa daerah di wilayah Indonesia seperti Jakarta, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa Barat.

3. Perusahaan Krakatau Steel

Pabrik atau perusaahan besi terbesar di Indonesia selanjutnya adalah PT Krakatau Steel.

Yang banyak kita tahu bahwa Krakatau Steel ini, adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang produksi besi baja.

Perusahaan BUMN ini berada di daerah Cilegon, Banten. Awal mula berdirinya perusahaan ini menurut sumber Wikipedia adalah sebagai wujud pelaksanaan Proyek Baja Trikora yang dibuat oleh Presiden Soekarno pada tahun 1960 untuk memiliki

pabrik baja yang mampu mendukung perkembangan industri nasional yang mandiri, bernilai tambah tinggi, dan berpengaruh bagi pembangunan ekonomi nasional.

Saat dibentuk pada 20 Mei 1962 silam, Krakatau Steel bernama Cilegon Steel Mill yang resmi berdiri dengan kerja sama Tjazpromexport dari Uni Soviet.

Namun, akibat adanya gejala politik dan ekonomi yang parah sehingga proses pembangunan pabrik tersebut sempat mandeg atau berhenti.

Kemudian masuk awal tahun 1970 an, unit pabriknya dilanjutkan proses pembangunannya dan berhasil dijalankan secara resmi pada tanggal 31 Agustus 1970 dengan nama Krakatau Steel.

Perusahaan Krakatau Steel tidak bisa dipungkiri adalah perusahaan terpercaya dalam penyaluran produknya ke berbagai proyek konstruksi di Indonesia.

Beberapa produk yang diproduksi oleh PT Krakatau Steel meliputi produk dan jasa yakni baja lembaran panas, baja lembaran dingin dan batang kawat.

Sedangkan jasanya berupa rekayasa dan konstruksi, pemeliharan mesin, konsultasi teknis dan juga penyediaan infrastruktur-suprasturktur.

Sebagai perusahaan milik BUMN Krakatau Steel telah melebarkan sayapnya ke berbgaai wilayah di Indonesia, termasuk juga menggandeng berbagai perusahaan besar dunia.

Oleh karena itu, untuk masalah kualitasnya sangat terjamin dan harga produknya pun cukup kompetitif.

Hal ini berkaitan dengan besarnya kebutuhan baja dalam pembangunan di negara Indonesia, terlebih lagi untuk proyek infrastruktur di negara ini.

Jenis Besi Antara Lain : Besi UNPBesi SikuBesi Hollow, Besi WF

4. Perusahaan Gunawan Dianjaya Steel

Perusahaan besi terbesar di Indonesia yang ketiga adalah Gunawan Dianjaya Steel.

Perusahaan ini berdiri sudah sejak tahun 1989 di kota Surabaya. Industri perusahaan ini termasuk ke dalam industri rolling mill plat baja yang sudah terkenal hingga di kawasan ASEAN.

Gunawan Dianjaya Steel merupakan perusahaan besi baja di Indonesia yang juga mempunyai tanggung jawab sosial perusahaan.

Beberapa produk yang telah diproduksi oleh perusahaan ini, juga mengalami proses uji kualitas atau telah teruji kualitasnya.

Hal ini bisa kita lihat dan buktikan dengan adanya sertifikat SNI yang diperoleh perusahaan GDS pada tahun 2015 lalu.

Penghargaan ini diberikan oleh Balai Riset dan Standarisasi Industri kota Surabaya.

Kemudian prestasi lainnya adalah kualitas produk perusahaan GDS telah teruji. Hal ini bisa dibuktikan pada dunia konstruksi besi maupun baja yang tentunya menjadi kebutuhan primer atau utama.

Misalnya dalam pembuatan pagar panel beton maupun beton precast lainnya.

5. Perusahaan Toyoguri Iron Steel

Perusahaan Toyogori Iron Steel ini sudah memproduksi besi baja sejak tahun 1974. PT ini berada di daerah Bekasi dan merupakan pelopor industri baja yang memiliki fasilitas produk paling lengkap, terintegrasi dan menyeluruh.

Proses produksinya pun sangat kompleks yang diambil langsung dari sumber webnya, dari pertama hingga proses akhir.

1. Besi tua dikumpulkan dan dipilih berdasarkan jenisnya.

2. Kemudian besi tua dilebur dalam tungku Electric Arc Furnace. Lalu, baja cair disempurnakan komposisi kimianya melalui injeksi karbon dan paduan ferro penambahan.

3. Ketika baja cair telah mencapai komposisi kimia yang tepat dan suhu yang dibutuhkan, kemudian di-tapping menjadi bentuk billet baja.

4. Billet dimasukan ke Reheating Furnace untuk mencapai suhu yang tepat.

5. Billet melewati Rolling Mill untuk diproses menjadi baja tulangan.

6. Proses pembuatan besi tulangan.

7. Baja tulangan ditimbang dan dihitung menggunakan mesin menghitung.

8. Baja tulangan kemudian dikemas dan disimpan dalam gudang dan siap dikirim.

9. Sebelum di distribusikan besi di timbang ulang dan siap kirim.

Hasil dari produk besi baja di perusahaan ini jelas berkualitas dengan harga yang kompetitif juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *