Besi merupakan unsur yang terbanyak dalam pembentukan kerak bumi dan penemuannya pertama kali dari bijih besi.

Kemudian bijih besi pertama kali ditemukan pada tahun 1200 sebelum masehi atau disebut dengan jaman besi.

tahun tersebut awal mula eksplorasi kegunaan besi untuk digunakan masyarakat luas.

Secara kimiawi, besi adalah hasil olaham mineral yang disebut Ferrum atau Fe. Biasanya unsur besi ini dapat dijumpai dari beberapa unsur alam yakni air, bebatuan, tumbuhan, dan roti yang mungkin kita makan juga terdapat unsur besi.

Tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari besi mempunyai banyak sekali kegunaan. Berbagai macam kegunaan besi yang dapat kita jumpai di dalam aspek kehidupan seperti misalnya dalam bidang kesehatan, pembuatan konstruksi bangunan dan dalam aspek kehidupan lainnya.

Kegunaan Besi Berbagai Manfaat, Sejarah dan Macam-macam Fungsi Besi

Kemudian manfaat besi yang paling umum dirasakan oleh manusia hingga sekarang ini adalah untuk menunjang hajat hidup manusia yang menggunakan besi dalam proses pembuatannya.

Akan tetapi proses penemuan besi ini yang bermanfaat bagi kehidupan manusia itu sangat panjang dan diawali dari penemuan bijih besi.

Bijih besi dapat ditemukan pada pasir tambang atau disebut dengan pasir besi.

Lalu, pasir besi ini agar dapat diambil bijih besinya hingga bisa dirasakan manfaatnya oleh manusia pun melalui proses yang lama.

Dimulai dari proses pengambilan biji besi dengan cara memanaskan bebatuan dan pasir pada tungku panas bersuhu sekitar 1800 derajat celcius.

Ada banyak contoh material berbahan dasar besi yang dapat dijumpai di sekitar kita, seperti sendok makan, mata pisau, dan lainnya. Semua alat-alat ini diambil dari bijih besi yang terdapat pada mineral Hematit dan Magnetit yang berasal dari bebatuan.

Macam-macam Kegunaan Besi untuk kehidupan Manusia

Berikut ini adalah macam-macam kegunaan besi dalam pembuatan alat-alat pendukung kehidupan manusia:

1. Besi sebagai Bahan Alat Rumah Tangga

Besi sebagai Bahan Alat Rumah Tangga

Peralatan dapur sangat penting dalam kehidupan berumah tangga. Ada banyak jenis peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan dasar besi ini.

Jenis besi stainless biasanya digunakan untuk membuat berbagai jenis alat dapur.

Kenapa besi stainless sering dipakai sebagai bahan material alat-alat dapur karena memiliki daya tahan yang awet dan juga anti karat.

2. Besi sebagai Bahan Konstruksi

Besi sebagai Bahan Konstruksi

Kegunaan besi yang lain adalah sebagai baham dasar konstruksi bangunan. Seperti misalnya dalam konstruksi pondasi, pilar bangunan, atap dan juga rumah.

Kemudian, dalam bidang konstruksi bangunan ini besi yang memiliki batang panjang dan kuat yang sering dipakai.

Pemakaian besi dalam sebuah konstruksi bangunan rumah ini dapat mempunyai kekuatan dan ketahanan yang lebih lama.

3. Besi sebagai Bahan Mesin Berat

Besi sebagai Bahan Mesin Berat

Pada umumnya besi mempunyai sifat magnetik yang kuat, sehingga sering dipakai sebagai bahan material pembuatan mortar listrik dan kipas.

Kemudian, material besi juga dapat kita jumpai pada alat-alat seperti bagian gelas, mixer dan bahan pabrik lainnya. Disamping itu, besi juga banyak dipakai sebagai bahan material kendaraan bermotor hingga mesin berat seperti derek, mesin bor ,dan penggiling jalan.

4. Besi sebagai Kawat Pembatas dan Bahan Pembuatan Pagar

Besi sebagai Kawat Pembatas dan Bahan Pembuatan Pagar

Material besi diketahui mempunyai ketahanan yang kuat dan dapat memberikan perlindungan yang bagus pada sebuah konstruksi.

Oleh karena itu, material besi ini sering digunakan dalam konstruksi bangunan pagar atau kawat pembatas pada rumah dan kebun. Dengan alasan material besi ini harganya lebih terjangkau sehingga banyak digunakan dalam pembuatan pagar rumah.

Daftar Harga Besi Surabaya Termurah Dan Lengkap Agustus 2021

5. Besi sebagai Alat Perkakas

Besi sebagai Alat Perkakas

Pemakaian besi selanjutnya adalah sebagai bahan utama dalam pembuatan alat-alat perkakas. Pasalnya, alat-alat perkakas yang menggunakan material besi ini lebih tahan lama dan mempunyai tekstur yang sangat kuat.

Maka tak heran apabila beberapa alat-alat perkakas yang kita jumpai di sekitar seperti kunci pas, kompas, baut hingga alat perkakas lainya menggunakan material besi ini. Memang tidak dapat dipungkiri, besi tidak terlepas dalam kehidupan kita sehari-hari.

6. Pipa Besi

Pipa Besi murah surabaya

Material besi lainnya yang tidak asing dalam kehidupan kita sehari-hari adalah pipa besi. Pipa besi mempunyai beberapa keunggulan seperti, daya tahan yang kuat, tahan lama, dan tidak mudah terjadi kebocoran atau kerusakan.

Kemudian, material besi mampu bertahan dalam berbagai macam kondisi cuaca, sehingga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pipa. Lalu, jenis pipa yang dipakai dalam pembuatan pipa besi adalah pipa besi Hollow.

7. Besi sebagai Bahan Konstruksi Jembatan

Besi sebagai Bahan Konstruksi Jembatan

Konstruksi jembatan memiliki peranan penting dalam kegiatan transportasi. Material besi dinilai menjadi salah satu bahan yang cocok dalam pembuatan konstruksi jembatan.

Apalagi proses pembuatan jembatan ini akan sulit dibuat tanpa menggunakan material besi. Maka dari itu, penggunaan material besi yang berkualitas cocok dipakai dalam pembuatan konstruksi bangunan.

8. Besi sebagai Alat Keamanan

Besi sebagai Alat Keamanan

Material besi juga kerap digunakan sebagai bahan pembuatan alat keamanan karena tidak mudah dihancurkan dan mempunyai daya berat.

Beberapa contoh alat-alat keamanan yang menggunakan material besi yakni loker, kunci, brankas, gembok, dan alat keamanan lainnya.

9. Besi sebagai Bahan Dasar Pembuatan Mobil

Besi sebagai Bahan Dasar Pembuatan Mobil

Material besi memang unggul dalam hal ketahanan terhadap suhu tinggi. Maka dari itu, besi digunakan sebagai bahan pembuatan kerangka kendaraan mobil.

Dalam proses pembuatan kerangka mobil ini, besi mempunyai peran yang penting karena hampir seluruh bagian kendaraan mobil memerlukan bahan dasar ini.

Seperti misalnya dalam pembuatan gear box, mesin piston dan berbagai alat lainnya biasanya menggunakan jenis besi grey cast. Kerangka besi pada mobil akan membuat tampilan fisik mobil kuat dan tegas sekaligus tidak mudah remuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *