Besi wiremesh merupakan salah satu jenis bahan bangunan yang populer, dan taukah kamu apa fungsinya? Ya, wiremesh biasa kita jumpai di berbagai toko bahan bangunan. Namun, sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya jika kamu mengetahui pengertian wiremesh terlebih dahulu.

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu tau apa saja jenis-jenis wiremesh yang ada di pasaran? Tenang, tak perlu khawatir karena distributor besi wiremesh Surabaya akan menjawab semua pertanyaan itu untuk kamu! Pastikan kalian untuk tetap setia disini dan jangan beranjak dulu ya! So, check this out!

Pengertian besi wiremesh

Wiremesh ialah rangkaian besi yang tampak bagaikan lembaran kawat serta saling berpotongan satu dengan yang lain. Besi-besi tersebut kemudian dirangkai membentuk anyaman, sehingga membuat wiremesh kerap disebut sebagai anyaman besi.

Mengapa demikian? Sebab bentuk anyaman wiremesh tampak bagaikan sebuah pola yang menyerupai bangun jajar genjang atau kotak-kotak. Bentuk anyaman besi itu berupa rol atau lembaran yang memiliki jarak tertentu.

Besi-besi tersebut disambung dengan cara menggunakan las bertegangan tinggi pada setiap titik pertemuannya, supaya saling terikat atau menempel dengan kuat dan sempurna. Dengan cara ini maka anyaman besi menjadi tak mudah lepas.

Taukah kamu jika wiremesh juga mempunyai beragam spesifikasi. Hal itu dikarenakan wiremesh bisa dibuat dari berbagai macam bahan  yang dikombinasikan dengan logam dalam proses pembentukannya. Wiremesh umumnya tersusun dari berbagai macam logam seperti metal, alumunium, besi ataupun baja.

Fungsi wiremesh

Wiremesh merupakan salah satu jenis material bangunan yang begitu berguna dalam dunia konstruksi.  Meskipun wiremesh bukan bahan utama guna membuat sebuah konstruksi bangunan, namun bahan ini juga kerap dipakai untuk kebutuhan lainnya dalam konstruksi.

Perlu kamu ketahui jika wiremesh mempunyai beragam fungsi. Kira-kira apa saja fungsinya? Nah, berikut ini akan kami sampaikan beragam fungsi wiremesh. Simak baik-baik yuk!

  1. Fungsi wiremesh yang pertama adalah bisa dipakai untuk besi tulangan pada saluran drainase beton pracetak. Sebagai contoh digunakan untuk tutup busi beton.
  2. Berguna sebagai element yang bisa memperkuat plat lantai dan dak beton. Dan fungsi ini lazimnya dipakai pada bangunan dengan konstruksi bertingkat.
  3. Baik diaplikasikan pada plat beton yang diletakkan pada tanah. Apa sih tujuannya? Jadi tujuannya adalah supaya membuat tanah menjadi keras, sehingga mampu menahan beban benda yang berat seperti mobil atau benda lainnya yang diletakkan di atasnya.

Nah, itulah sebabnya fungsi vital dari wiremesh yaitu untuk dijadikan element pada pembuatan jalan raya ataupun jalan tol. Sebab dapat menopang beban dengan kokoh dan kuat di atas tanah.

  1. Fungsi wiremesh selanjutnya yaitu merupakan element yang baik dipakai untuk membuat plat beton yang menggantung. Dimana fungsi ini, umumnya diaplikasikan pada bangunan gedung atau bahkan pada pembuatan saluran pembuangan air hujan, sebagai penulangan yang ada plat beton.
  2. Berfungsi sebagai anak tangga serta balustrade . Wiremesh yang akan dipakai sebagai anak tangga serta balustrade biasanya dipadukan dengan material baja. Pemakaian wiremesh apabila digunakan sebagai balustrade ialah untuk menjaga keamanan area sekitar tangga dan bordes.
  3. Berguna untuk pengayak pasir. Wiremesh yang dipakai untuk pengayak pasir harus mempunyai lubang dengan ukuran tertentu. Lazimnya lubang tersebut berukuran 0,3 sampai 10 milimeter.

Pengayak ini dapat memisahkan pasir dari beragam kotoran bercampur di dalamnya, seperti kerikil, batu dan lainnya.

  1. Untuk pagar atau pembatas. Taukah kamu jika pagar atau pembatas yang dibuat menggunakan wiremesh tentu lebih menguntungkan secara ekonomi lho!

Selain praktis, pagar tersebut menjadi lebih awet, kokoh, anti-karat bahkan anti rayap. So, tak heran jika ada banyak orang yang telah mengaplikasikannya.

  1. Fungsi wiremesh yang terakhir adalah sebagai penguat talud. Wiremesh biasanya akan dibentuk menjadi kawat bronjong yang digunakan dalam proses konstruksi untuk selanjutnya diaplikasikan sebagai penguat talud.

Hal itu akan menghindari terjadinya erosi atau longsor yang bisa menahan tanah yang tersusun dari batu-batuan. Dan wiremesh dengan bentuk seperti ini umumnya dipakai untuk membuat tanggul ataupun jembatan.

Kunjungi kami di Google Maps:

Jenis-jenis wiremesh

Wiremesh merupakan rangkaian besi yang dilas sedemikian rupa sehingga mempunyai 2 bentuk. Adapun jenis-jenis wiremesh yang kami sediakan antara lain yakni:

  • Bentuk wiremesh yang pertama yaitu berupa lembaran yang mempunyai ukuran standar 2,1 meter x 5,4 meter.
  • Sedangkan jenis wiremesh yang kedua adalah berupa gulungan atau rol dengan ukuran panjang mencapai 54 meter, serta lebar yang berukuran sama seperti pada wiremesh lembaran yakni 2,1 meter.

Ukuran wiremesh yang biasa kami jual adalah besi yang mempunyai diameter terkecil 4 mm sampai diameter terbesar yaitu 10 mm. Sebagai informasi tambahan saja, jika lazimnya untuk penyebutan wiremesh ini memakai inisial huruf “M”.

Hal itu digunakan sebagai penanda ukuran diameter besi yang memakai satuan milimeter atau disingkat mm. Misalnya saja wiremesh dengan kode M4 itu artinya susunan dari anyaman kawat besi tersebut berdiameter 4 mm.

Supaya kamu tak salah mengartikan ukuran wiremesh yang ada, maka diameter wiremesh biasanya mempunyai ukuran standar batas toleransi, yaitu 0,3 mm, 0,5 mm, dan 0,7 mm. Jadi apabila kamu membeli wiremesh dengan ukuran M7, maka kamu akan memperoleh ukuran 5,8 mm, 5,6 atau bahkan 5,4 mm.

Nah, beragam jenis besi wiremesh tersebut bisa kalian dapatkan disini dengan harga besi surabaya yang beragam. Karena kami merupakan distributor wiremesh terlengkap dan terpercaya di Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *