Plat besi adalah bantalan yang terbuat dari molibdenum kromium nikel austenitic baja.
Nama lain dari plat besi ini adalah plat hitam eser.

Kemudian, banyak yang menggunakan plat besi ini dalam konstruksi bangunan karena mempunyai sifat tahan terhadap korosi atau karat.

Jual Besi Plat Surabaya yang Bermutu dan terbaik

Plat besi ini juga berfungsi sebagai perlawanan terhadap senyawa asam belerang yang efektif. Kelebihan lainnya juga adalah karena plat hitam dari segi biaya lebih murah dan menguntungkan sebab, biaya perawatannya lebih murah.

Kami  adalah CV. Besi Surya Sentosa merupakan  Pen jual Besi Plat Surabaya mungkin anda butuh bisa konsultasi di tempat kami

Plat besi memiliki bentuk dan ukuran yang menyerupai triplek dengan ukuran standar 4’ x 8’ (1200 mm x 2400 mm). Namun, hanya bentuknya saja yang mirip triplek kayu sedangkan bahan dasarnya adalah besi baja.

Umumnya, plat besi digunakan sebagai kerangka atau bahan dasar bangunan, fabrikasi dan juga sebagai sambungan konstruksi.

Disamping itu, besi plat juga kerapkali digunakan sebagai alas, lapisan pintu/pagar, dan fabrikasi tangki air. Lalu, fungsi lain dari plat besi ini adalah sebagai bantalan dari berbagai kendaraan berat. Sering dijumpai pula plat besi ini dalam konstruksi jalanan berlubang, berlumpur atau terjal.

Bahan dasar plat besi ini memang beraneka macam. Namun, bisa dibagi menjadi dua kategori yakni bahan plat logam ferro dan non-logam ferro.

Para pembeli pun sebetulnya dapat memilih plat besi sesuai dengan kebutuhan mereka dengan kelebihannya masing-masing. Berikut ini adalah jenis-jenis plat besi dan kegunaanya yang sering kalian jumpai di pasaran.

1. Plat besi alumunium

Plat besi merupakan lembaran plat dari bahan dasar logam ringan yang kuat. Keunggulan dari plat jenis ini karena mudah dibentuk, sehingga banyak dipakai dalam bidang industri seperti dalam kebutuhan advertising.

Selain itu, mempunyai sifat anti karat, tidak mudah terbakar dan juga tahan terhadap kondisi cuaca apapun.

Ada dua jenis alumunium yaitu alumunium tuang dan alumunium tempa. Sejatinya, bahan alumunium mampu menghantarkan listrik dengan baik. Maka tak heran jika bisa dipakai sebagai bahan baku papan reklame atau industri advertising.

Namun, plat besi ini mempunyai kekurangan yaitu tidak dapat tahan terhadap zat-zat asam serta bahan-bahan alkalis seperti sabun maupun soda. Untuk masalah harga, plat besi alumunium cukup terjangkau.

2. Plat bordes ukuran 1200×2400

Plat jenis ini memiliki permukaan kembangan dengan motif yang mirip bunga atau cakar ayam. Nama lain dari plat bordes adalah checkered plate.

Jenis plat ini umumnya banyak dipakai dalam bahan konstruksi tangga dan lantai karena bisa mengurangi efek sesorang tergelincir.

Ada dua fungsi plat bordes yaitu:

  • Dalam kendaraan

Plat bordes sering dipakai sebagai bahan untuk menghiasi lantai pada kendaraan umum seperti bus dan mobil pick up. Lantainya mempunyai motif menyerupai daun kecil yang tersusun selang-seling.

  • Dalam bangunan

Plat bordes dalam konstruksi gedung dan rumah digunakan sebagai bahan baku tangga, karena permukannya yang tidak licin.

Kemudian, bahan dasar dari plat bordes adalah besi yang membuat tangga dan lantai lebih awet dan kuat serta aman. Disamping itu, plat jenis ini dipakai juga dalam dekorasi sebuah ruangan.

3. Plat besi baja

Plat besi baja sering digunakan sebagai bahan baku konstruksi bangunan karena sifatnya yang sangat kuat.

Kemudian, plat baja ini juga digunakan untuk menyambung struktur profil sebuah konstruksi bangunan. Namun, kekurangan dari plat baja ini sulit dibentuk dan harga jualnya pun cukup mahal.

Meskipun demikian, besi plat baja ini selalu banyak diburu oleh orang ataupun arsitek bangunan berkat daya tahannya yang kokoh dan kuat. Dalam proses pembuatan gedung ataupun rumah base plate atau besi plat baja juga sering digunakan.

4. Plat besi kuningan

Jenis plat besi kuningan adalah hasil perpaduan antara tembaga dan seng. Maka tak heran, apabila warna dari plat besi ini umumnya berwarna kekuningan. Namun, plat besi ini juga terdapat dalam berbagai macam warna misalnya coklat kemerahan atau gelap kekuningan. Semuanya tergantung dari kandungan pencampuran tembaga dengan seng.

Keunggulan dari plat besi kuningan adalah lebih kuat dan keras daripada tembaga, tetapi lebih mudah dibentuk.

Karena bahan kuningan adalah konduktor listrik dan panas yang bagus, maka banyak dipakai dalam bahan baku pembuatan kawat, pelat, lembaran, strip, dan masih banyak lagi. Disamping itu, plat besi kuningan ini juga tahan terhadap korosi atau karat.

5. Plat besi stainless-steel

Dalam industri otomotif, plat besi ini banyak dipakai sebagai bahan baku pembuat badan kendaraan. Selain itu, plat besi stainless-steel ini juga kerapkali digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan alat rumah tangga. Misalnya saja panci, wajan, kompor dan masih banyak lagi.

Ada banyak kelebihan dari plat besi jenis stainless-steel ini dan salah satunya adalah memiliki ketahanan terhadap korosi.

Pasalnya besi yang berkarat akan membuat sebuah konstruksi bangunan atau benda menjadi tidak bagus. Padahal musuh utama dari besi adalah sifatnya yang mudah berkarat atau korosif apalagi jika ditempa oleh keadaan cuaca yang berubah-ubah.

Hal inilah yang membuat para produsen industri senang melakukan kombinasi atau finishing untuk menambah atau menghasilkan kualitas stainless steel yang lebih baik.

Jangan khawatir Anda akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan plat besi di atas. Anda bisa menemukan dan membelinya dengan mudah di toko bahan bangunan atau toko material besi.

Plat besi dengan ukuran ketebalan 2 mm, harganya cukup bervariasi. Ada yang menjualnya dengan harga 16 ribu rupiah per lembar (ukuran 10 x 20 cm), dan ada yang menjualnya 70 ribu rupiah per lembar (ukuran 30 x 30 cm), dan ada yang menjualnya dengan harga ratusan ribu rupiah. Berikut ini adalah contoh harga plat besi berdasarkan jenis dan ukurannya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *