Dalam dunia konstruksi bangunan pasti kerapkali menggunakan besi pipa atau yang disebut dengan pipa hitam.

Besi pipa atau pipa besi ini difungsikan untuk menyangga rumah, rangka plafon, teralis besi, pagar rumah hingga tiang lampu.

Kenapa besi pipa ini sering digunakan dalam konstruksi bangunan sebab tahan lama, antirayap dan juga tahan terhadap korosi atau karat.

Maka dari itu, jangan hetan apabila pipa besi atau besi pipa ini dapat bertahan lama hingga mencapai puluhan tahun, walaupun digunakan untuk luar ruangan atau outdoor dengan cuaca yang tidak menentu.

Sekarang ini, sudah cukup banyak berbagai jenis besi pipa dengan berbagai macam ukuran dan juga disesuaikan dengan harganya.

Macam-macam jenis besi Pipa

Berikut ini adalah macam-macam jenis besi pipa yang sering digunakan, terutama dalam konstruksi sebuah bangunan.

1. Besi Pipa Ductile

jual Besi Pipa Ductile surabaya murah

Jenis besi pipa yang pertama adalah pipa Ductile. Besi pipa ini banyak digunakan sebagai insfrastruktur penyuplai air.

Keunggulan dari besi pipa Ductille ini yakni mempunyai karakteristik materialnya dari bahan yang kuat, berdaya tahan tinggi, dan mampu bertahan terhadap karat atau korosi.

Hal ini tentunya diperoleh dari serangkaian panjang proses produksi dan juga pembuatan bahan material dari besi pipa jenis ini.

Kini, ada kabar baik bahwa pipa Ductille mempunyai aneka produk yang lebih bermacam-macam.

Dari awalnya yang hanya berupa satu jenis ukuran saja, kini besi pipa Ductille ini hadir dengan berbagai macam ukuran diameter yang berbeda-beda.

Selain itu, sambungan besi pipa Ductille ini juga kini lebih tahan terhadap ancaman bencana gempa. Pasalnya, apabila di sebuah tempat atau bangunan terjadi gempa atau terkena tekanan dari luar. Maka, sambungan besi pipa Ductillr tidak akan patah, hanya akan memanjang dan melengkung saja.

2. Besi Pipa Welded

jual Besi Pipa Welded distribusi surabaya

Disebut dengan besi pipa welded karena pada awal proses pembuatannya terbuat dari material pelat yang kemudian dilengkungkan dan dilas hingga membentuk sebuah pipa.

Untuk membedakan jenis besi pipa welded ini dengan yang lainnya adalah besi pipa ini memiliki ciri khas yaitu keberadaan garis memanjang yang merupakan sambungan dari pelat tersebut.

Meskipun di beberapa produk besi pipa jenis ini bagian sambungan tersebut hanya tampak samar atau tidak terlalu jelas akibat proses pengelasan yang dilakukan dengan menggunakan suhu tinggi

Kemudian, proses pembuatan besi pipa Welded ini juga tidak boleh sembarangan alias harus dilakukan oleh perusahaan yang telah bersertifikasi.

Pasalnya apabila, tidak diproduksi oleh perusahaan dengan kualitas standar yang baik maka sambungan pipa yang bocor bisa menjadi sumber terjadinya ledakan.

Oleh karena itu, konsumen juga harus berhati-hati dalam membeli dan memilih besi pipa Welded ini yang berkualitas.

3. Besi Pipa Ulet

jual Besi Pipa Ulet surabaya

Jenis besi pipa lain yang sering digunakan dan cukup populer adalah pipa ulet. Material besi pipa ulet ini adalah besi cor yang merupakan campuran dari besi dan grafit.

Besi pipa ulet ini mempunyai keunggulan yakni dari segi kekuatan dan ketahanan yang jauh lebih tangguh daripada jenis pipa cor biasa. Bahkan kekuatan besi pipa ulet ini konon mampu menandingi besi baja.

Disamping itu, besi pipa ulet ini dalam proses pembuatannya dari teknologi sentrifugal yang maju atau modern. Sehingga, besi pipa ulet ini mempunyai tingkat korosi yang rendah dan juga lebih tahan terhadap benturan.

Untuk bagian dalam dari besi pipa ulet ini terdapat lapisan mortar semen yang membuat kapasitas pengangkutan air menjadi lebih maksimal.

4. Besi Pipa Seamless

jual Besi Pipa Seamless murah

Nama lain dari besi pipa seamless ini adalah besi yang tidak mempunyai sambungan. Proses pembuatan dari besi pipa ini adalah dengan cara melubangi sebuah silinder sehingga dihasilkan sebuah pipa yang utuh.

Apabila kita ingin membeli besi pipa seamless ini di pasaran dan cara membedakannya dengan jenis besi pipa lainnya yakni mengecek bagian sisi dalam pipa tersebut.

Di bagian sisi dalam pipa seamless ini tampak mulus dan juga tidak mempunyai bekas sambungan. Selain itu, jenis pipa ini juga mempunyai daya tahan yang cukup kuat dan umumnya harganya lebih mahal daripada besi pipa Welded.

5. Besi Pipa Hollow

jual Besi Pipa Hollow surabaya murah

Nama lain dari besi pipa Hollow ini adalah pipa kotak karena sesuai dengan wujudnya yang kotak.

Besi pipa Hollow ini seringkali digunakan sebagai bahan pembuatan konstruksi bangunan seperti gerbang atau pagar rumah. Namun, sekarang ini sebagian besar masyarakat kita lebih menyukai pipa Hollow ini sebagai bahan bangunan untuk rangka plafon atau kanopi rumah.

Pasalnya, dibandingkan dengan menggunakan rangka dari kayu, penggunaan pipa Hollow untuk rangka plafon tentunya lebih banyak memberikan keuntungan.

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan besi pipa jenis Hollow ini adalah mudah dalm hal pemasangan. Selain itu ternyata ada banyak keunggulan lain yakni lebih kuat, tidak mudah lapuk, tahan terhadap api dan juga menjadikan rumah lebih aman dari bahaya kebakaran. 7. Besi Pipa ERW

Jenis besi pipa lain yang sering digunakan adalah Pipa Electric Resistance Welded (ERW). Besi pipa ERW ini dibuat dari proses pengelasan listrik dan juga memanfaatkan ketahanan dari kedua permukaan logam.

Sesuai dengan fungsinya, besi pipa ERW ini dapat dibedakan atas beberapa standar penggunaan.

Untuk jenis SNI 0039:2013 MEDIUM adalah pipa yang biasanya digunakan untuk saluran air bersih.
Kemudian untuk jenis kedua yakni ASTM A53 untuk aplikasi mekanik yang bertekanan, seperti saluran uap, gas, atau udara. Lalu ada lagi jenis ASTM A252 berguna untuk konstruksi dan tiang pancang bangunan.

Sementara itu, untuk jenis pipa API SPEC 5CT biasanya digunakan untuk tubing pada aktivitas pengeboran minyak gas dan bumi.

Lebih lengkap baca Harga besi Terlengkap 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *